PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PERPAJAKAN DI SMAN 38 JAKARTA

Sabilla, Sarah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PERPAJAKAN DI SMAN 38 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Table of content.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Biblio.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Jurnal.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Sarah Sabilla, Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Kontekstual Pada Materi Perpajakan Di SMAN 38 Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk audio visual dengan berbasis kontekstual pada materi perpajakan. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis diketahui bahwa terdapat penurunan hasil belajar, pendekatan pembelajaran kurang maksimal dan media pembelajaran yang digunakan tidak variatif. Pengumpulan data tahap analisis ini melalui metode observasi, dan wawancara. Selanjutnya adalah tahap perancangan media pembelajaran, kemudian produk tersebut dibuat dan diuji kelayakkannya. Produk yang dikembangkan ini telah dinyatakan layak oleh para ahli media dan ahli materi. Dalam penilainnya, ahli media memberikan dua kali penilaian dengan berbagai saran perbaikan. Pada penilaian pertama, Ahli Media I memberikan skor pertama sebesar 71% dan skor kedua 88%, serta Ahli Media II memberikan skor pertama sebesar 80% dan skor kedua sebesar 91%. Selain itu, Ahli Materi I memberikan skor sebesar 92%, dan Ahli Materi II sebesar 90%. Selanjutnya produk diimplementasikan pada proses pembelajaran kelas eksperimen yang diberikan tes formatif untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tersebut terhadap hasil belajar. 20 butir instrumen tes tersebut telah dinyatakan valid dengan uji korelasi point biserial, dan dinyatakan reliabel dengan uji KR-20. Uji yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji effect size. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh hasil bahwa tedapat peningkatan hasil belajar dari nilai post-test dan pre-test pada kelas yang menerapkan media pembelajaran yang dikembangkan. Selain itu, media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran pada aspek kognitif. Kata kunci : Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual, Perpajakan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Ari Saptono, S.E, M.Pd Pembimbing 2 : Aditya Pratama, S,Pd, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:25
Last Modified: 11 Oct 2022 07:25
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item