Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan E-wallet pada Generasi Z di Jabodetabek

Rahmadhani, Safitri Dwi (2022) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan E-wallet pada Generasi Z di Jabodetabek. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Generasi Z sebagai true digital natives atau generasi yang lahir dan tumbuh dengan internet tidak asing dengan produk digital saat ini. Salah satunya adalah e-wallet yang digunakan sebagai alat pembayaran secara daring. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi niat untuk menggunakan e-wallet pada Generasi Z (18 – 27 tahun) yang menggunakan e-wallet dan tinggal di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Landasan teori pada penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) dimana variabel yang dilibatkan adalah behavioral intention to use, perceived ease of use, dan perceived usefulness. Dengan dua faktor lainnya yang dipilih, yaitu perceived security dan social influence. Survei dilakukan secara daring dengan responden yang terkumpul sebesar 245 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis SEM atau Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social influence memengaruhi perceived ease of use secara positif dan signifikan, perceived ease of use memengaruhi perceived usefulness secara positif dan signifikan, serta perceived ease of use dan perceived usefulness memengaruhi behavioral intention to use secara positif dan signifikan. Di sisi lain, social influence tidak memiliki pengaruh terhadap perceived usefulness dan perceived security tidak memiliki pengaruh terhadap behavioral intention to use.. Kata kunci: E-wallet, generasi Z, behavioral intion to use, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived security, social influence.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Agung Dharmawan Buchdadi, M.M., Ph.D Pembimbing 2 : Muhammad Fawaiq, M.Ec.Dev
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:03
Last Modified: 17 Oct 2022 06:03
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10916

Actions (login required)

View Item View Item