PUTRA, AGUS (2022) Peran Brand Reputation terhadap Customer Retention pada Konsumen Pengguna Media Sosial di Jakarta. S2 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
5. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
10. JURNAL FULL - AGUS PUTRA.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh brand reputation terhadap customer loyalty, customer satisfaction, dan customer commitment serta dampaknya terhadap customer retention pada pengguna TikTok di Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada Oktober-Desember 2021. Penyebaran kuesioner penelitian yang disusun menggunakan office form yakni melalui media sosial WhatsApp. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Pada penelitian ini, penulis melakukan uji exploratory factor analysis untuk mengetahui tingkat validitas setiap indikator penelitian. Sedangkan untuk menguji reliabilitas menggunakan nilai Alpha Cronbach. Pada penelitian ini penulis juga menggunakan uji analisis Structural Equation Modeling dengan menggunakan aplikasi AMOS. Selain itu, penulis juga menggunakan uji kelayakan dengan indeks Goodness of Fit Index. Dalam menguji hipotesis, penulis menggunakan standar nilai CR > 1,96 dan P < 0,05. Pada hasil penelitian, nilai uji validitas indikator keseluruhannya berada di atas factor loading 0,40. Hasil uji relabilitas menunjukkan bahwa keseluruhan indikator berada di atas nilai Alpha Cronbach yakni 0,7. Hasil uji Structural Equation Modeling dan uji kelayakan juga menunjukkan bahwa keseluruhan model sudah fit. Pada penelitian ini juga dilakukan uji koefisien determinasi variabel bebas terhadap variabel terikat. Dan hasilnya terlihat bahwa pengaruh brand reputation terhadap customer retention yakni sebesar 30,1%. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 313 responden di Jakarta, Indonesia. Terdapat 158 laki laki dan 155 perempuan yang menjadi responden pada penelitian ini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa brand reputation berpengaruh positif terhadap customer loyalty, customer satisfaction, dan customer commitment. Customer loyalty dan customer satisfaction tidak berpengaruh positif terhadap customer retention. Hal ini disebabkan karena nilai CR yang tidak memenuhi standar dan nilai P yang melebihi batas yang ditentukan. Sedangkan customer commitment berpengaruh positif terhadap customer retention. Kata Kunci: brand reputation, customer loyalty, customer satisfaction, customer commitment, customer retention.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Bapak Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D., Pembimbing 2 : Bapak Dr. Agung Wahyu Handaru, S.T., M.M., |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S2 Magister Manajemen |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 04:50 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 04:50 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11031 |
Actions (login required)
View Item |