PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI JAKARTA TIMUR

ADELA, ADELA (2023) PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal Adela_1701618025_PE 2018.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ADELA. 1701618025. Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Madrasah dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Jakarta Timur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2022. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung Pemanfaatan E-Learning Madrasah sebagai variabel independen terhadap Minat Belajar sebagai variabel intervening dan Prestasi Belajar Ekonomi sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Madrasah Aliyah Negeri dari 2 sekolah di Jakarta Timur yaitu MAN 9 Jakarta dan MAN 18 Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 180 siswa. Data diperoleh menggunakan kuisioner sebanyak 36 pernyataan tertutup menggunakan skala Likert dengan 5 alternatif jawaban, yang disebar melalui google form serta data rasio nilai mata pelajaran ekonomi siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis jalur dengan bantuan software IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung Pemanfaatan ELearning Madrasah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, (2) Terdapat pengaruh langsung Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, (3) Terdapat pengaruh langsung Pemanfaatan E-Learning Madrasah terhadap Minat Belajar, serta (4) Terdapat pengaruh tidak langsung Pemanfaatan E-Learning Madrasah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi melalui Minat Belajar. Kata Kunci: e-learning madrasah, minat belajar, prestasi belajar ekonomi, analisis jalur, siswa MAN.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd Pembimbing 2 : Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:57
Last Modified: 13 Mar 2023 06:57
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11061

Actions (login required)

View Item View Item