Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis E-Learning dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Eksperimen di SMAN Jakarta Utara)

Fitria, Hilda (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis E-Learning dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Eksperimen di SMAN Jakarta Utara). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

HILDA FITRIA, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS E-LEARNING DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN DI SMAN JAKARTA UTARA). Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis E-Learning dan kemampuan Adversity Quotient siswa dalam tingkatan SMA pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan design factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa pada SMA Negeri 83 Jakarta Utara dan SMA Negeri 52 Jakarta Utara. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 pada masing-masing sekolah, dimana kelas XI IPS 1 digunakan sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan soal pre-test post-test. Hasil analisis data menggunakan ANOVA dua jalur mengemukakan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas konvensional dan kelas PBL berbasis E-learning, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara AQ rendah dan tinggi, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan AQ terhadap kemampuan berpikir kreatif, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelas konvensional dan kelas PBL berbasis e-learning pada siswa AQ tinggi, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelas konvensional dan kelas PBL berbasis elearning pada siswa AQ rendah, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dalam kelas konvensional antara siswa AQ tinggi dan rendah serta terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dalam kelas PBL berbasis e-learning antara siswa AQ tinggi dan rendah. Keyword : Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Based Learning berbasis ELearning, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : bu Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE., M.Si Pembimbing 2 : Bapak Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 25 Mar 2023 05:32
Last Modified: 25 Mar 2023 05:32
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11117

Actions (login required)

View Item View Item