PENGARUH LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI JAKARTA TIMUR

Sa’idah, Himmatus (2023) PENGARUH LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover_Himmatus Sa'idah.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img]
Preview
Text
Chapter 3.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
Chapter 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

HIMMATUS SA’IDAH. PENGARUH LINGKUNGAN DAN KEMANDIRAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI JAKARTA TIMUR, Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, September 2022. Penelitian memiliki tujuan agar dapat mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Jakarta Timur. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dengan memilih satu kelas XI MIPA dan satu kelas XI IPS pada setiap sekolah sebagai perwakilan sampelnya dengan jumlah sampel 88 siswa dari 736 siswa. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk daftar pernyataan yang bersifat tertutup melalui link google form, dokumentasi yaitu data berupa jumlah siswa dan data hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) dan wawancara guru ekonomi. Analisis jalur (Path Analysis) digunakan untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai t-hitung ≥ t-tabel (3,452 > 1,983), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai t-hitung ≥ t-tabel (9,616 > 1,983) dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar yang dibuktikan dengan nilai t-hitung ≥ t-tabel (2,092 > 1,983). Berdasarkan analisis di atas ditarik kesimpulan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya untuk menambahkan beberapa variabel seperti minat belajar, disiplin, motivasi dan gaya belajar yang dapat meningkatkan prestasi belajar, menggunakan indikator lain agar lebih menyesuaikan dengan keadaan di lapangan, mengambil populasi berbeda serta memiliki jangkauan lebih luas. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE., M.Si. Pembimbing 2 :
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 25 Mar 2023 05:45
Last Modified: 25 Mar 2023 05:45
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11118

Actions (login required)

View Item View Item