PENGARUH LITERASI EKONOMI, PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MASYARAKAT INDONESIA (Pada Anggota Grup Berburusale di Telegram)

RAHMAWATI, TANTI (2023) PENGARUH LITERASI EKONOMI, PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MASYARAKAT INDONESIA (Pada Anggota Grup Berburusale di Telegram). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_Of_Content.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
Chapter 3.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
Chapter 5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliografhy.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

TANTI RAHMAWATI, PENGARUH LITERASI EKONOMI, PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MASYARAKAT INDONESIA (PADA ANGGOTA GRUP BERBURUSALE DI TELEGRAM) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi ekonomi, penggunaan uang elektronik dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini yaitu anggota grup Berburusale yang berada di aplikasi Telegram dengan sampel sebanyak 347 anggota grup Berburusale. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner atau angket kepada 347 anggota grup Berburusale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji chi-square dan korelasi rank spearman. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Literasi ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan sebesar 15,9% terhadap perilaku konsumtif, 2) Penggunaan uang elektronik berpengaruh positif dan signifikan sebesar 21,6% terhadap perilaku konsumtif, 3) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan sebesar 45% terhadap perilaku konsumtif. Kata kunci: literasi ekonomi, penggunaan uang elektronik, gaya hidup, perilaku konsumtif

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE.,M.Si, Pembimbing 2 : Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:09
Last Modified: 28 Mar 2023 04:09
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11133

Actions (login required)

View Item View Item