PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 46 JAKARTA

HIDAYAH, SITI NUR (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 46 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table of Content.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

SITI NUR HIDAYAH. 1701617121. Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini bertjuan untuk menguji tentang pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan di smk negeri 46 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Pendekatan pada penelitisn ini dengan pendekatan simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 105 orang dari 144 orang (populasi). Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang liniear. Berdasarkan uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa minat belajar, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar. Sedangkan uji koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel minat belajar, variabel motivasi belajar, dan kecerdasan emosional secara bersama – sama memiliki persentase kontribusi sebesar 36% terhadap variabel prestasi belajar. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) Minat belajar memiliki pegaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 46 Jakarta. 2) Motivasi belajar memiliki pegaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 46 Jakarta. 3) Kecerdasan emosional memiliki pegaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 46 Jakarta. 4) Minat belajar, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional secara bersama- sama memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 46 Jakarta. Kata Kunci : minat belajar, motivasi belajar, kecerdasan emosional, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sri Zulaihati, M.Si Pembimbing 2 : Ati Sumiati, S.Pd., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:19
Last Modified: 31 Mar 2023 02:19
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item