PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA

NURIDZUL, NURIDZUL (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Nuridzul. 1709618035. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar Pada Siswa SMK Gita Kirtti 2 Jakarta, Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar pada siswa SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 312 siswa SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Berdasarkan rumus Slovin maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 175 responden. Untuk pengolahan data, Peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Kesulitan belajar (Y), Lingkungan keluarga (X1), dan Lingkungan sekolah (X2) merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS versi 25.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas Kolgomorov-Smirnov dengan hasil signifikansi kesulitan belajar sebesar 0,086, lingkungan keluarga sebesar 0,095, dan lingkungan sekolah sebesar 0,200. Lalu menggunakan uji linearitas dengan nilai signifikansi pada linearity lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah sebesar 0,000. Uji asumsi klasik dengan menggunakan uji heteroskedastisitas dalam uji Spearman rho dengan nilai signifikansi variabel lingkungan keluarga sebesar 0,832 dan lingkungan sekolah sebesar 0,968. Uji multikolinearitas variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah memiliki nilai tolerancre 0,993 dan nilai VIF sebesar 1,007. Uji f bernilai 22.319. dan uji T pada variabel lingkungan kluarga sebesar -4,086 dan variabel lingkungan sekolah sebesar -3,963. Hasil persamaan regresi berganda adalah sebagai berikut Ŷ = 45,014 – 0,422X1 – 0,429X2, dari persamaan tersebut pengaruh dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar memliliki pengaruh dengan arah negatif dan signifikan. Hasil koefisien determinasi (R2) adalah 0,626 yang mengartikan bahwa tingkat pengaruh dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar termasuk pada klasifikasi sangat kuat. Kata Kunci: Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Kesulitan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Widya Parimita, SE., MPA Pembimbing 2 : Suherdi, S.Pd., S.H., M.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 08 Apr 2023 02:14
Last Modified: 08 Apr 2023 02:14
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11206

Actions (login required)

View Item View Item