PENGARUH EFEKTIVITAS SARANA PEMBELAJARAN DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA ANGKASA 1 JAKARTA

ASMALASARI, ASMALASARI (2023) PENGARUH EFEKTIVITAS SARANA PEMBELAJARAN DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA ANGKASA 1 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Table of Content.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Bibliografhy.pdf

Download (328kB)

Abstract

Asmalasari, 8105164984. Pengaruh Efektivitas Sarana Pembelajaran dan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Angkasa 1 Jakarta Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik belajar dengan mudah, menyenangkan dan mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam mencapai tujuan tersebut, guru memperhatikan sarana pembelajaran yang digunakan dan mengatasi permasalahan dalam belajar. Dari hal tersebut yang menjadi masalah penelitian ini “apakah terdapat pengaruh Sarana Pembelajaran dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Angkasa 1 Jakarta” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sarana pembelajaran dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Angkasa 1 Jakarta jurusan IPS. Teknik pengambilan sampel sampling “Simple Random Sampling” dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan sebesar 5% diketahui bahwa jika jumlah populasi 66 maka jumlah sampel 55. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan pengolahan analisis data dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) adanya pengaruh positif dan signifikan sarana pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (2) adanya pengaruh positif dan siginifikan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa, dan (3) adanya pengaruh positif dan signifikan dari Sarana Pembelajaran dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Angkasa 1 Jakarta. Dilihat pada R-Square yaitu sebesar 0,376 atau 37,6% artinya bahwa variabel Sarana Pembelajaran dan bimbingan belajar mampu memberikan penjelasan (memiliki pengaruh) pada variabel hasil belajar sebesar 37,6%. Kata kunci: Sarana pembelajaran, bimbingan belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. I Ketut R. Sudiardhita, M.Si Pembimbing 2 : Prof. Dr. Siti Nurjanah,SE.,M.Si
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:06
Last Modified: 03 Jan 2024 04:06
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item