Pengembangan Media Website Berbasis Project-based Learning dalam Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Kurnia, Septi (2023) Pengembangan Media Website Berbasis Project-based Learning dalam Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (750kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Bibliography.pdf

Download (268kB)

Abstract

SEPTI KURNIA. 1707619003. Pengembangan Media Website berbasis Project-based Learning dalam Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Perkembangan teknologi dan informasi sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, terutama media pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik adalah dengan media pembelajaran berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media website berbasis Project-based Learning pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Metode pengembangan media yang digunakan dalam penelitan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE oleh Dick and Carry. Adapun tahapan yang dilakukan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMK Negeri 12 Jakarta. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini analisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil angket ahli materi, ahli media, penilaian praktisi guru, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan respon siswa. Uji efektivitas media website berbasis Project-based learning menggunakan uji N-Gain atau gain ternormalisasi, yang dilakukan dengan membandingkan selisih dari skor antara hasil tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Posttest) terhadap selisih skor maksimal yang dicapai dan skor Pre-test. Hasil penelitian ini adalah media website berbasis Project-based Learning yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli media dengan persentase 90% dan ahli materi dengan persentase 80%. Pada penilaian praktisi guru memperoleh persentase sebesar 91%, wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebesar 98% dan respon siswa sebesar 94%, yang berarti media website berbasis Project-based Learning ini sangat layak untuk digunakan. Hasil Uji Efektivitas Produk menghasilkan 0,77, yang berarti penggunaan media website berbasis Project-based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kategori tinggi karena g ≥ 0,7. Sedangkan tingkat efektivitasnya memperoleh persentase nilai sebesar 76,91% dan dinilai efektif dalam pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Kata Kunci: Research and Development (R&D), ADDIE, Website, Project based Learning, Produk Kreatif dan Kewirausahaan,

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Corry Yohana, MM Pembimbing 2 : Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 31 Jan 2024 05:29
Last Modified: 31 Jan 2024 05:29
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item