ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA PERUSAHAAN STARTUP (TRAVELOKA, TIKET.COM DAN PEGIPEGI)

SARAGIH, DOSRIANI (2024) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA PERUSAHAAN STARTUP (TRAVELOKA, TIKET.COM DAN PEGIPEGI). Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover_Dosriani Saragih_.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Table_Of_Content_Dosriani Saragih.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Chapter 1_Dosriani Saragih.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Chapter 2_Dosriani Saragih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
Chapter 3_Dosriani Saragih.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Chapter 4_Dosriani Saragih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
Chapter 5_Dosriani Saragih.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Bibliography_Dosriani Saragih.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh work climate, ethical leadership, terhadap employee engagement dengan self-efficacy sebagai mediasi pada perusahaan startup (Traveloka, Tiket.com, dan Pegi-Pegi). Penelitian ini dilakukan pada bulan April-November 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner secara online. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Secara keseluruhan data yang diperoleh sebanyak 210 yang terdiri dari 75 karyawan Traveloka, 70 karyawan Tiket.com, dan 65 karyawan PegiPegi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software SPSS 27 dan Smart PLS 3. Hasil dari pengaruh langsung penelitian ini menunjukan bahwa work climate memiliki hasil negatif dan signifikan terhadap self-efficacy, ethical leadership memiliki hasil positif dan signifikan terhadap self-efficacy, work climate dan ethical leadership memiliki hasil positif dan signifikan terhadap employee engagement, sedangkan self-efficacy memiliki hasil negatif dan signifikan terhadap employee engagement. Selanjutnya, work climate memiliki hasil positif dan signifikan terhadap employee engagement melalui self-efficacy, dan ethical leadership memiliki hasil negatif dan signifikan terhadap employee engagement melalui selfefficacy. Kata kunci: employee engagement, ethical leadership, self-efficacy, work climate

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Dewi Susita, M.Si, Pembimbing 2 : Dr. Widya Parimita, SE., M.P.A,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S2 Magister Manajemen
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:09
Last Modified: 07 Mar 2024 03:09
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item