PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNJ

Azalia, Farah Cantika (2024) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNJ. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Table_Of_Content.pdf

Download (230kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf

Download (563kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
7. Chapter 5.pdf

Download (245kB)
[img] Text
8. Bibliografhy.pdf

Download (317kB)

Abstract

Farah Cantika Azalia, 1709619013, Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri, dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa FE UNJ. Skripsi Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Mei 2023. Minat menjadi guru muncul karena adanya ketertarikan dan keinginan individu dan diperkuat dengan beberapa faktor. Tingkat minat mahasiswa berlatar belakang pendidikan untuk menjadi guru penting karena rendahnya minat terhadap profesi guru dapat mengakibatkan kualitas mahasiswa sebagai calon guru menjadi rendah dan pembentukan kompetensi guru menjadi kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri, dan teman sebaya terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta baik secara parsial maupun simultan. Desain penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan skala likert. Teknik analisis data dengan regresi linier berganda menggunakan bantuan SPSS versi 24. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel “proportionate stratified random sampling” dengan perhitungan rumus slovin tingkat kesalahan 5% sehingga didapat sampel sejumlah 162 mahasiswa. Hasil regresi linier berganda yaitu Y = 12.286 + 0,085X1 + 0,153X2 + 0,175X3 + 0,071X4 + 0.806. Hasil uji F yaitu F hitung 21.100 > F tabel 2,43 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Lalu hasil uji T pada variabel X1 memiliki T hitung 2.178 > T tabel 1.97519 dan nilai signifikansi 0,031 < 0,05; variabel X2 memiliki T hitung 3.240 > T tabel 1.97519 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05; variabel X3 memiliki T hitung 2.810 > T tabel 1.97519 dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05; dan variabel X4 memiliki T hitung 2.472 > T tabel 1.97519 dan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Maka berdasarkan perhitungan tersebut, baik secara simultan maupun parsial, variabel persepsi profesi guru (X1), lingkungan keluarga (X2), efikasi diri (X3), dan teman sebaya (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru (Y). Persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri, dan teman sebaya dapat menjelaskan variabel terikat minat menjadi guru sebesar 35% sedangkan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: minat menjadi guru, persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri, teman sebaya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Christian Wiradendi Wolor, S.E., M.M Pembimbing 2 : Dr. Osly Usman, M.Bus. Mgt., M.Bus. M.Syst.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:48
Last Modified: 07 Mar 2024 07:48
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item View Item