ANALISIS EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT RANGKASBITUNG

AROFAHMAWATI, FINA AMAL (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT RANGKASBITUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Pdf Cover_Fina Amal Arofahmawati.pdf

Download (823kB)
[img] Text
Pdf Table_ of_Content_Fina Amal Arofahmawati.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Pdf Chapter I_Fina Amal Arofahmawati.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Pdf Chapter II_Fina Amal Arofahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
Pdf Chapter III_Fina Amal Arofahmawati.pdf

Download (488kB)
[img] Text
Pdf Chapter IV_Fina Amal Arofahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
Pdf Chapter V_Fina Amal Arofahmawati.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Pdf Bibliography_Fina Amal Arofahmawati.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Artikel Jurnal_Fina Amal Arofahmawati.pdf

Download (3MB)

Abstract

FINA AMAL AROFAHMAWATI. Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor di Samsat Rangkasbitung. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Serta, menyusun upaya meningkatkan penerimaan PKB dan BBNKB di Samsat Rangkasbitung periode 2018-2022. Salah satu ukuran keberhasilan penerimaan PKB dan BBNKB adalah dengan melakukan perhitungan efektivitas PKB dan BBNKB. Penelitian deskriptif kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik analisis kuantitatif deskriptif yang menetapkan konsep perhitungan rasio efektivitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, studi pustaka, internet searching, dan wawancara. Sementara itu, laporan Samsat Rangkasbitung mengenai target dan realisasi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor tahun 2018-2022 digunakan sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerimaan PKB dan BBNKB di Samsat Rangkasbitung sangat efektif dan cukup efektif meningkatkan pendapatan asli daerah. Selain itu, Samsat Rangkasbitung melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan penerimaan, antara lain melakukan sosialisasi kepada masyarakat, meluncurkan Samsat Drive Thru, dan lain-lain. Kata kunci: Efektivitas, Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT)

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Rida Prihatni, SE., M.Si, Pembimbing 2 : Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Akuntansi Sektor Publik
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:36
Last Modified: 27 Mar 2024 04:36
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item View Item