ANALISIS PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA PADA DESA HEGARMANAH KABUPATEN SUKABUMI

TRISANTI, MIANA (2023) ANALISIS PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA PADA DESA HEGARMANAH KABUPATEN SUKABUMI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Pdf Cover_Miana Trisanti.pdf

Download (698kB)
[img] Text
2. Pdf Table_Of_Content_Miana Trisanti.pdf

Download (385kB)
[img] Text
3. Pdf Chapter 1_Miana Trisanti.pdf

Download (437kB)
[img] Text
4. Pdf Chapter 2_Miana Trisanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
5. Pdf Chapter 3_Miana Trisanti.pdf

Download (476kB)
[img] Text
6. Pdf Chapter 4_Miana Trisanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
7. Pdf Chapter 5_Miana Trisanti.pdf

Download (318kB)
[img] Text
8. Pdf Bibliografhy_Miana Trisanti.pdf

Download (259kB)
[img] Text
10. Artikel Jurnal_Miana Trisanti.pdf

Download (312kB)

Abstract

MIANA TRISANTI. Analisis Penerapan Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Desa pada Desa Hegarmanah Kabupaten Sukabumi. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi yang merupakan pengimplementasian dari good governance. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk menganilisis kendala pada penerapan good governance, serta menganalisis strategi yang direncanakan dalam mencapai good governance. Penerapan good governance yang dianalisis merupakan penerapan pada pengelolaan keuangan pemerintah desa. Pengelolaan keuangan pemerintah desa terbagi menjadi lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Penelitian ini menjadikan Desa Hegarmanah sebagai objek penelitian. Desa Hegarmanah merupakan desa yang terletak di Kabupaten Sukabumi yang saat ini telah menerapkan prinsip good governance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten dan wawancara. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder untuk membuktikan hasil dari penelitian. Data primer yang digunakan adalah hasil wawancara dengan perangkat desa dan masyarakat desa, sedangkan data sekunder yaitu berupa dokumen-dokumen terkait penerapan good governance. Berdasarkan hasil analisis konten, dapat disimpulkan bahwa Desa Hegarmanah menghasilkan skor penerapan good governance sebesar 83,34 (terpercaya), yang artinya hasil pengelolaan keuangan Desa Hegarmanah dapat dipercaya karena telah menerapkan good governance. Kendala yang dihadapi dalam penerapan good governance terkait dengan pengelolaan keuangan mayoritas pada tahap pelaksanaan yaitu faktor cuaca yang menyebabkan tidak stabilnya sinyal, sistem error yang menyebabkan penundaan pekerjaan, dan kurangnya pemahaman masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan. Desa Hegarmanah memiliki strategi yaitu meningkatkan keterbukaan dari pemerintahan desa dengan lembaga-lembaga lain, serta pelaksanaan tugas dan fungsi dari masing-masing perangkat desa yang lebih baik dan tegas di kemudian hari guna meningkatkan kualitas good governance. Kata Kunci: Good Governance, Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi, Pengelolaan Keuangan, Pemerintah Desa

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Rida Prihatni SE., M.Si, Pembimbing 2 : Hafifah Nasution, S.E., M.S.Ak.,
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Akuntansi Sektor Publik
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:15
Last Modified: 27 Jun 2024 04:15
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item