ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN SIRUP MARJAN EDISI RAMADAN BERBASIS EPIC MODEL PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE

FAUZAN, ABI MUHAMMAD (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN SIRUP MARJAN EDISI RAMADAN BERBASIS EPIC MODEL PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan sirup Marjan edisi Ramadan di YouTube dengan pendekatan EPIC Model (Empathy, Persuasion, Impact, Communication). Iklan melalui media sosial dinilai dapat meningkatkan kesadaran merek dengan jangkauan yang lebih luas serta meningkatkan prospek hingga meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabulasi sederhana, analisis deskriptif, dan skor rata-rata. Hasil penelitian dari empat dimensi EPIC Model hanya dimensi empathy yang masuk dalam kategori sangat efektif berdasarkan skor rata-rata yaitu sebesar 3,26. Selain itu, untuk dimensi lainnya masuk dalam kategori efektif seperti persuasion dengan skor rata-rata sebesar 3,08. Kemudian dimensi impact dengan skor rata-rata 3,15. Terakhir, dimensi communication dengan skor sebesar 3,01. Maka urutan efektivitas berdasarkan skor rata-rata dari setiap dimensi EPIC adalah empathy, impact, persuasion, dan communication. Adapun hasil skor rata-rata akhir atau EPIC Rate dari menjumlahkan skor rata-rata secara keseluruhan pada semua dimensi EPIC, menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,12 dan masuk dalam kategori efektif. Maka kesimpulan pada penelitian ini berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka iklan sirup Marjan edisi bulan Ramadan di YouTube menggunakan EPIC Model dikategorikan “Efektif”. Kata kunci: Efektivitas Iklan, EPIC Model, YouTube, Marjan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sholikhah, M.M Pembimbing 2 : Rahmi, S.E., M.S.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:47
Last Modified: 12 Sep 2024 07:47
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11910

Actions (login required)

View Item View Item