ANALISIS PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI DAERAH KHUSUS JAKARTA)

Khairunnisa, Intan Kamila (2024) ANALISIS PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI DAERAH KHUSUS JAKARTA). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Dengan kemudahan berbelanja online di e-commerce, konsumen sering kali memutuskan untuk membeli suatu produk atau barang berdasarkan faktor emosional, yang cenderung dilakukan tanpa perencanaan yang matang atau bersifat spontan. Perilaku pembelian semacam ini dapat dikenali sebagai perilaku pembelian impulsif. Meneliti kategori tipe impulsive buying sangat penting bagi perusahaan karena pemahaman yang mendalam mengenai perilaku konsumen dapat membantu dalam pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat impulsive buying generasi Z di Daerah Khusus Jakarta pada Shopee dan termasuk dalam kategori tipe mana mereka. Untuk mengukur hal tersebut digunakan dimensi yaitu Pure Impulse Buying, Reminder Impulse Buying, Suggestion Impulse Buying, dan Planned Impulse Buying, Aspek Kognitif dan Aspek Afektif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner menggunakan Google Form yang dibagikan secara online, dengan memperoleh data sebanyak 126 responden konsumen Shopee yang merupakan generasi Z di Daerah Khusus Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, tabulasi sederhana, dan skor ratarata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat impulsive buying terhadap Shopee pada generasi Z di Daerah Khusus Jakarta dikategorikan “Setuju” dan “Tinggi”. Pengguna Shopee yang merupakan generasi Z di Daerah Khusus Jakarta mayoritas termasuk dalam kategori tipe Suggestion Impulse Buying, dan Planned Impulse Buying, dan perilaku Impulsive Buying tersebut sangat didorong oleh Aspek Afektif. Temuan ini menawarkan wawasan berharga bagi Shopee untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tertarget, untuk mendorong impulsive buying untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Kata Kunci: impulsive buying, e-commerce, shopee, generasi z.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1:Dra. Sholikhah, M.M Pembimbing 2:Dewi Agustin Pratama Sari, S.E, M.S.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation) > Perdagangan (Commerce, Trade)
Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation) > Perdagangan Internasional (International Commerce, Foreign Trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:20
Last Modified: 26 Sep 2024 08:20
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11946

Actions (login required)

View Item View Item