PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN DUKUNGAN ORANG TUA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI DI JAKARTA TIMUR

WULANDARI, NADYA INDAH (2024) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN DUKUNGAN ORANG TUA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI DI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2. Daftar isi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf

Download (323kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. Bibliography.pdf

Download (61kB)
[img] Text
11. Jurnal.pdf

Download (375kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, dukungan orang tua memoderasi pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, dan dukungan orang tua memoderasi pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMK jurusan akuntansi di Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SMKN 10, SMKN 40, dan SMKN 48. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi berasal dari siswa/siswi SMK Negeri jurusan akuntansi di Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 168 responden. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner yang diolah dengan SPSS dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, dukungan orang tua memperkuat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, dukungan orang tua tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya yaitu: bisa menggali lagi faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar, memperluas wilayah pengambilan data sehingga dapat ditemukan hal-hal baru yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ati Sumiati, M.M Pembimbing 2 : Dwi Kismayanti Respati, M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 30 Sep 2024 05:14
Last Modified: 30 Sep 2024 05:14
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item View Item