ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA LAYANAN MARKETPLACE TOKOPEDIA DI WILAYAH JAKARTA

NATASYA, REZIKA LISDZA (2024) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA LAYANAN MARKETPLACE TOKOPEDIA DI WILAYAH JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (842kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)

Abstract

Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia dengan memiliki jumlah pengunjung lebih banyak dibandingkan marketplace lainnya. Dengan memperhatikan kualitas layanan elektronik sebagai bentuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna marketplace Tokopedia di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari individu yang sedang atau pernah menggunakan marketplace Tokopedia. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling non-probability, dan data dikumpulkan melalui kuesioner online melalui Google Froms yang disebarkan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 240 responden yang memenuhi kriteria, berdomisili di Jakarta, berusia 17-35 tahun keatas, dan merupakan pengguna Tokopedia. Uji validitas dan uji reliabilitas untuk menguji instrumen penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan data dan analisis faktor (Expolatory Factor Analysis) EFA untuk mengidentifikasi faktor-faktor baru yang membentuk kepuasan pelanggan. Dimensi e-service quality digunakan sebagai ukuran kepuasan pelanggan, dengan tujuh indikator: Efficiency, Fullfilment, Reliability, Privacy, Responsiveness, Compensation, dan contct. Adapun kesimpulan penelitian ini hasil analisis EFA telah mengidentifikasi tiga faktor utama yang membentuk kepuasan pelanggan Tokopedia, yaitu: Keandalan dan Keamanan Layanan, Kualitas Layanan Pelanggan, serta Kenyamanan dan Efisensi. Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Tokopedia, Kualitas Layanan Elektronik, Daerah Khusus Jakarta

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Setyo Ferry Wibowo, SE., M.Si Pembimbing 2: Terrylina Arvinta Monoarfa, Se., MM
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) > Sistem Ekonomi Sosialis Socialism & Related Systems)
Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) > Ekonomi Makro (Macroeconomics and Related Topics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation) > Perdagangan (Commerce, Trade)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Inovasi, Penemuan dan Paten (Inovations and Patens)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:02
Last Modified: 03 Oct 2024 02:02
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item