PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN POTENSI DIRI TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SMKN DI JAKARTA TIMUR

Rinjani, Rizki Amelia (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN POTENSI DIRI TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SMKN DI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (434kB)

Abstract

Rizki Amelia Rinjani 1709620092. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Potensi Diri Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada SMKN Di Jakarta Timur. Skripsi Jakarta: Faklutas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta 2024. Minat siswa SMK untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan potensi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMKN 51 Jakarta, SMKN 10 Jakarta, dan SMKN 48 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin, menghasilkan 105 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisiss statistik deskriptif, uji normalitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda, uji f, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar maka semakin kuat pula dorongan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Potensi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, semakin berkembangnya potensi diri siswa maka semakin tinggi pula minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Serta motivasi belajar dan potensi diri bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar dan potensi diri maka semakin besar kemungkinan siswa untuk memiliki minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kata kunci: Motivasi Belajar, Potensi Diri, Minat, Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ati Sumiati, M.M Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:00
Last Modified: 18 Oct 2024 04:00
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12129

Actions (login required)

View Item View Item