PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE, KREATIVITAS, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMK

DAYANG KARUNI, RADITA (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE, KREATIVITAS, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (836kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB)

Abstract

ABSTRAK RADITA DAYANG KARUNI, 1709620014. Pengaruh Media Sosial YouTube, Kreativitas, dan Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar pada Siswa SMK. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media sosial youtube, kreativitas, dan teman sebaya terhadap kemandirian belajar. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/I SMK Negeri 48 Jakarta Timur dengan program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis atau Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling probabilitas Stratified Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis data dilakukan dengan bantuan software statistic Smart Partial Least Square Path Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel media sosial youtube terhadap kemandirian belajar siswa, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kreativitas terhadap kemandirian belajar siswa, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel teman sebaya terhadap kemandirian belajar siswa. Diharapkan bagi sekolah dapat menjadikan media sosial youtube sebagai sarana pembelajaran untuk siswa yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Serta sebagai bahan masukan untuk sekolah agar dapat membentuk kelas yang interaktif dalam pembelajaran. Kata Kunci : media sosial, youtube, kreativitas, teman sebaya, dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:44
Last Modified: 13 Nov 2024 07:44
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12287

Actions (login required)

View Item View Item