PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 22 JAKARTA

AGATHA AURELIA, ROMAULINA (2024) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 22 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (435kB)

Abstract

ABSTRAK Romaulina Agatha Aurelia, 1709620084, Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 22 Jakarta, Skripsi, Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMK Negeri 22 Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMK Negeri 22 Jakarta sebanyak 281 siswa dengan jumlah sampel 165 responden. Model penelitian ini menggunakan model analisis regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert dan skala rating yang dioperasikan dengan program SPSS versi 29.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (3) Status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Maka dapat disimpulkan jika status sosial ekonomi orang tua tinggi, maka minat siswa untuk melanjutkan pendidikannya juga tinggi. Dan pada variabel motivasi belajar hendaknya siswa berperan aktif dan tekad dalam kegiatan belajar mengajar agar kemauan untuk melanjutkan pendidikan semakin terarah dan terencana. Kata kunci: status sosial ekonomi; motivasi belajar; minat melanjutkan pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Puji Wahono, M.Si Pembimbing 2 : Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:55
Last Modified: 13 Nov 2024 07:55
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item