PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK PADA ELEMEN TEKNIK DASAR AKTIVITAS PERKANTORAN DI BIDANG MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS FASE E DI SMKN 31 JAKARTA

Khairanni, Sarah (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK PADA ELEMEN TEKNIK DASAR AKTIVITAS PERKANTORAN DI BIDANG MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS FASE E DI SMKN 31 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (952kB)
[img] Text
2. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (331kB)
[img] Text
3. CHAPTER 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
4. CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
5. CHAPTER 3.pdf

Download (393kB)
[img] Text
6. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
7. CHAPTER 5.pdf

Download (305kB)
[img] Text
8. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (331kB)
[img] Text
JURNAL_SARAH KHAIRANNI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sarah Khairanni, 1709620063. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook pada Elemen Teknik Dasar Aktivitas Perkantoran di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Fase E di SMKN 31 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan pada pengembangan bahan ajar berbasis flipbook pada elemen Teknik Dasar Aktivitas Perkantoran di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Penelitian dilaksanakan di SMKN 31 Jakarta pada tahun 2024 dengan melibatkan 36 siswa kelas X MP. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari tiga validator, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta 36 siswa kelas X MP sebagai responden. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik angket menggunakan skala Likert 1-5. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validasi oleh ahli dan uji praktikalitas. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dengan hasil 89% (sangat layak), ahli bahasa 91% (sangat layak), dan ahli media 88% (sangat layak). Uji praktikalitas dilakukan oleh 36 siswa kelas X MP menunjukkan hasil 88% (sangat praktis) dalam one-to-one evaluation, 90% (sangat praktis) dalam uji coba kelompok kecil, dan 92% (sangat praktis) dalam uji coba kelompok besar. Kesimpulan penelitian ini adalah flipbook yang dikembangkan sangat layak dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Bahan ajar, Flipbook, Teknik Dasar Aktivitas Perkantoran, Manajemen Perkantoran, Layanan Bisnis

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:01
Last Modified: 13 Nov 2024 08:01
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12291

Actions (login required)

View Item View Item