PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEACHMINT PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X MANAJEMEN PERKANTORAN DI SMK TUNAS PEMBANGUNAN

DIAN PERMATASARI, SUCI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEACHMINT PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X MANAJEMEN PERKANTORAN DI SMK TUNAS PEMBANGUNAN. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK Suci Dian Permatasari, 2024: 1709617002. Pengembangan Media Pembelajaran Teachmint Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Manajemen Perkantoran Di SMK Tunas Pembangunan. Skripsi. Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Roni Faslah, S.Pd, M.M, dan Darma Rika Swaramarinda, M.SE, Ph.D Penggunaan teknologi yang inovatif telah memberikan dampak positif di setiap bidang dan berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas dan efisiensi proses yang terlibat. Demikian pula di bidang pendidikan, penggunaan teknologi sangat membantu proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Di tengah berbagai tantangan tersebut, hadirnya Learning Management System (LMS) seperti Teachmint menawarkan solusi yang potensial. Namun, implementasi LMS seperti Teachmint di sekolah-sekolah masih menghadapi berbagai tantangan. Beberapa di antaranya adalah kesiapan infrastruktur teknologi, kompetensi digital guru dan siswa, serta resistensi terhadap perubahan dari metode pembelajaran konvensional ke digital. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Teachmint pada Mata Pelajaran Korespondensi, (2) untuk memperoleh informasi kelayakan dari media pembelajaran Teachmint pada Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Tunas Pembangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertempat di SMK Tunas Pembangunan yang dilakukan pada bulan Mei 2024 sampai dengan Juli 2024. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan wawancara dengan guru SMK Tunas Pembangunan. Kelayakan media pembelajaran dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan media pembelajaran Teachmint pada Mata Pelajaran Korespondensi telah dikembangkan. Hasil validasi ahli diketahui bahwa media pembelajaran Teachmint pada Mata Pelajaran Korespondensi kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Tunas Pembangunan sangat layak untuk digunakan dengan hasil rerata skor validasi ahli media 86,3% dengan kategori “sangat layak” sebagai media pembelajaran. Rerata skor validasi ahli materi 97% dengan kategori “sangat layak” sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, Learning Management System, Teachmint, korespondensi, Research and Development (RnD)

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd, MM Pembimbing 2 : Darma Rika Swaramarinda, M.SE, Ph.D
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:59
Last Modified: 21 Nov 2024 02:59
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12318

Actions (login required)

View Item View Item