Siahaan, Ruth Renatha (2025) PENGARUH CEO NARCISSISM TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2019-2022). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
Cover_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Table_Of_Content_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
Chapter 1_Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
Chapter 2_Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
![]() |
Text
Chapter 3_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
Chapter 4_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
![]() |
Text
Chapter 5_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
Bibliografy_ Skripsi Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
Jurnal Full_Ruth Renatha Siahaan_1705620028.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ruth Renatha Siahaan, 2025; Pengaruh CEO Narcissism Terhadap Kinerja Keuangan Bank (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019-2022) : Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, Tim Pembimbing : Prof. Dr. Suherman, M.Si. dan Titis Fatarina Mahfirah, S.E., M.S.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CEO Narcissism terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2019-2022. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu CEO Narcissism yang diproksikan dengan ukuran foto CEO dalam laporan tahunan perusahaan, jumlah sosial media yang dimiliki CEO, dan ukuran tanda tangan CEO. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kinerja keuangan perusahaan perbankan yang diproksikan menggunakan rasio Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), dan Net Interest Margin (NIM). Pada penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol berupa ukuran perusahaan, umur perusahaan dan Debt to Asset Ratio (DAR). Jumlah sampel perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 perusahaan dengan rentang waktu pengamatan selama 4 tahun sehingga menghasilkan observasi sebanyak 156 sampel. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model (REM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa narsisme CEO yang diukur menggunakan ukuran foto CEO pada laporan tahunan, jumlah sosial media yang dimiliki CEO, dan ukuran tanda tangan CEO tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur baik menggunakan rasio ROE, ROA, maupun NIM. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu jangka waktu pada sampel penelitian yang digunakan relatif singkat dan sampel yang digunakan hanya perusahaan perbankan sehingga pada penelitian selanjutnya diharapkan memperpanjang waktu penelitian dan menambah sampel perusahaan dengan menggunakan sampel dari sektor lain. Kata Kunci: CEO Narcissism, Kinerja Keuangan, Perbankan, Teori Eselon Atas, Teori Keagenan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Pembimbing 2 : |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:14 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:14 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |