HIDAYATI, LINI NUR (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR PADA PRODUK KECANTIKAN KOREA SELATAN MENGGUNAKAN MODEL PATER. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (843kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
Lini Nur Hidayati_1702520006_Letter of Acceptance.pdf Download (265kB) |
Abstract
Industri kecantikan mengalami pertumbuhan yang pesat dan terus menghasilkan peningkatan pendapatan global di segmen perawatan kulit. Industri kecantikan merupakan salah satu industri dengan persaingan yang sangat ketat di dunia sehingga meningkatkan terjadinya persaingan bisnis. Dalam persaingan yang kompetitif, Korea Selatan menunjukkan keunggulan dan peluang dalam industri kecantikan global. Salah satu perusahaan Korea Selatan yang menjadikan Indonesia sebagai sasaran produk mereka adalah Innisfree. Innisfree merupakan merek kecantikan di bawah naungan AmorePacific Group. Untuk menghadapi persaingan bisnis, Innisfree menggunakan brand ambassador sebagai strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan brand ambassador pada produk kecantikan Korea Selatan dengan menggunakan model PATER. Model PATER digunakan untuk mengukur efektivitas selebriti sebagai brand ambassador. PATER merupakan akronim dari Popularity, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, dan Relevance. Penelitian kuantitatif dengan metode non-probability sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan skor rata-rata. Kuesioner didistribusikan melalui Google Forms. Dalam menentukan besar sampel, penelitian ini menggunakan Rumus Lemeshow. Sampel yang digunakan sebanyak 271 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai uji instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan Kim Mingyu sebagai brand ambassador Innisfree termasuk dalam kategori sangat efektif, baik ditinjau dari masing-masing dimensi yaitu Popularity, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, dan Relevance maupun secara keseluruhan (PATER). Dalam upaya mencapai efektivitas dalam menggunakan brand ambassador, terdapat proses seleksi yang tidak mudah. Oleh karena itu, hasil dan temuan yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai saran dan masukan khususnya untuk merek produk kecantikan Korea Selatan dalam menggunakan brand ambassador. Kata Kunci: efektivitas penggunaan brand ambassador, produk kecantikan, PATER Model, Innisfree, Kim Mingyu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Andi Muhammad Sadat, SE., M.Si., Ph.D Pembimbing 2 : Shandy Aditya, BIB, MPBS, |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 04:31 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 04:31 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |