ANALISIS FEAR OF MISSING OUT PADA KONSUMEN PRODUK SCARLETT WHITENING

KHODIJAH, SITI (2025) ANALISIS FEAR OF MISSING OUT PADA KONSUMEN PRODUK SCARLETT WHITENING. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (410kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Siti Khodijah LOA.pdf

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis FoMO pada konsumen produk Scarlett Whitening. Fear of Missing Out (FoMO) adalah salah satu faktor seseorang aktif dalam menggunakan media sosial dan terdapat hubungan antara FoMO dengan frekuensi penggunaan media sosial. Dengan kata lain, individu yang mengalami FoMO cenderung akan mengikuti berbagai aktivitas yang dilakukan oleh orang lain demi memenuhi keinginan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fear of missing out dilihat dari dimensi FoMO personal dan FoMO sosial pada konsumen produk Scarlett Whitening. Sampel dalam penelitian ini adalah 130 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Partisipan pada penelitian ini merupakan pengguna produk Scarlett Whitening untuk perawatan kulitnya. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner dengan skala likert dan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS 29 dalam melakukan uji validitas sebuah instrument terhadap indikator-indikator dalam kuesioner online yang telah diisi oleh responden. Temuan ini menunjukkan bahwa dimensi sosial seperti: perasaan terhubung dengan orang lain, keinginan untuk diterima dalam kelompok sosial, dan pengalaman teman dalam membeli produk Scarlett Whitening, menjadi pertimbangan dalam penggunaan produk Scarlett Whitening dengan hasil rata-rata adalah 3.71. Sementara itu, pada dimensi personal seperti: perasaan cemas, keinginan menjadi pusat perhatian, dan keinginan untuk diakui oleh orang lain tidak menjadi pertimbangan dalam penggunaan produk Scarlett Whitening dengan hasil rata-rata adalah 2.92. Kata kunci: FOMO, personal, sosial, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Andi Muhammad Sadat, SE., M.Si., Ph.D Pembimbing 2 : Dewi Agustin Pratama Sari, SE., M.S.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:22
Last Modified: 05 Jun 2025 02:22
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

View Item View Item