PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, EFIKASI DIRI, DAN REGULASI DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMKN 42 JAKARTA

Marwah, Siti (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, EFIKASI DIRI, DAN REGULASI DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMKN 42 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tabel of Content.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB)

Abstract

Siti Marwah, 1709620078, Pengaruh Dukungan Sosial, Efikasi Diri, dan Regulasi Diri terhadap Resiliensi Akademik Pada Siswa SMKN 42 Jakarta. Skripsi Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Oktober 2024. Resiliensi akademik sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di sekolah sehingga siswa dapat menyesuaikan diri dan bangkit dari situasi yang menyulitkan. Berbagai faktor dapat mempengaruhi tingkat resiliensi akademik seseorang, dalam penelitian ini faktor yang digunakan yakni dukungan sosial, efikasi dan regulasi diri. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara dukungan sosial, efikasi diri, dan regulasi diri terhadap resiliensi akademik pada siswa SMKN 42 Jakarta. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengujian SEM-PLS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan total sampel sebesar 258 siswa SMKN 42 Jakarta. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada observasi serta pengisian angket menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan variabel efikasi diri dan regulasi diri berpengaruh terhadap resiliensi akademik dengan nilai t statistik > 1,96 dan nilai PValues < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara tidak langsung dukungan sosial berpengaruh terhadap resiliensi akademik melalui variabel efikasi diri. Sementara itu, variabel dukungan sosial tidak berpengaruh terhadap resiliensi akademik. Kata Kunci: dukungan sosial, efikasi diri, regulasi diri, resiliensi akademik siswa

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Pembimbing 2 :
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:36
Last Modified: 05 Aug 2025 04:36
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item