KENDRY, KENDRY (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PROYEK KREATIF KEWIRAUSAHAAN. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
PDF COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 1.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 3.pdf Download (744kB) |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PDF CHAPTER 5.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
PDF BIBLIOGRAFY.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL JURNAL KENDRY_1707621028.pdf Download (1MB) |
Abstract
KENDRY. 1707621028. Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran Proyek Kreatif Kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif berbasis Project-Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Proyek Kreatif Kewirausahaan (PKK) untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Modul ini dirancang dengan pendekatan interaktif dan kontekstual yang mengintegrasikan elemen multimedia, seperti video, simulasi, dan kuis interaktif, guna meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang sistematis untuk menghasilkan produk yang efektif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul ini mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas siswa melalui pelaksanaan proyek nyata, seperti perencanaan produksi, pembuatan prototipe, hingga pemasaran produk. Uji coba modul yang dilakukan di SMK Negeri 48 Jakarta memperlihatkan efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK. Modul ini tidak hanya berfungsi sebagai media pembelajaran yang inovatif, tetapi juga memberikan panduan yang komprehensif bagi guru dalam mengimplementasikan PjBL secara efektif di kelas. Penggunaan modul ini diharapkan dapat menjadi solusi atas rendahnya minat siswa terhadap kewirausahaan sekaligus membantu mengurangi angka pengangguran dengan membekali siswa dengan keterampilan kewirausahaan yang relevan dengan kebutuhan industri. Temuan ini juga berkontribusi pada pengembangan teori pembelajaran berbasis proyek dan media pembelajaran interaktif di pendidikan kejuruan. Kata Kunci: Project-Based Learning, modul pembelajaran interaktif, kewirausahaan, pendidikan kejuruan, Proyek Kreatif Kewirausahaan, SMK, pengembangan media pembelajaran, keterampilan abad ke-21
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd. Pembimbing 2 : Rizka Zakiah, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:17 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:17 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |