ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENDORONG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Herjanto, Ajeng Saputri Dwi (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENDORONG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR_AJENG SAPUTRI DWI H.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB 1_AJENG SAPUTRI DWI H.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB 2_AJENG SAPUTRI DWI H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
BAB 3_AJENG SAPUTRI DWI H.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 4_AJENG SAPUTRI DWI H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB 5_AJENG SAPUTRI DWI H.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_AJENG SAPUTRI DWI H.pdf

Download (370kB)
[img] Text
JURNAL TERBIT_AJENG SAPUTRI DWI H.pdf

Download (211kB)

Abstract

Ajeng Saputri Dwi Herjanto (1701620085). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mendorong Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2025 Transformasi kurikulum merupakan bagian penting dari proses menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan zaman. Kurikulum Merdeka menjadi alternatif yang lebih fleksibel dan lebih berpihak kepada siswa, dengan fokusnya pada pembangunan karakter dan kemampuan berpikir kritis. Siswa diharuskan untuk memahami fenomena ekonomi nyata dan mampu menganalisis secara logis. Penelitian ini mengkaji bagaimana Kurikulum Merdeka dapat membantu siswa memperoleh keterampilan berpikir kritis dalam Pelajaran ekonomi. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana dalam pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi pendukung. Subjek penelitian meliputi siswa dan guru ekonomi di dua sekolah yakni SMAN 1 Sukaraja dan SMAN 49 Jakarta. Dengan menggunakan data analisis model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan strategi pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok, analisis berita ekonomi, kuis studi kasus, dan membuat proyek mini yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Strategi ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Yakni, adanya kekurangan jumlah guru, kekurangan fasilitas pendukung, dan kebiasaan belajar siswa yang masih pasif. Karena mereka baru saja memahami dan mulai menguasai Kurikulum Merdeka, beberapa guru masih kesulitan menyesuaikan diri dengan kurikulum baru. Menurut penelitian ini, pihak sekolah harus lebih membantu guru dengan menawarkan dukungan dan pelatihan strategi pembelajaran. Agar keterampilan berpikir kritis mereka terus berkembang, walaupun dalam waktu dekat ini kurikulum akan berubah. Namun, Kurikulum Merdeka ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan pembelajaran, transformasi ke kurikulum selanjutnya. Kata Kunci: kurikulum merdeka, pembelajaran ekonomi, berpikir kritis, strategi guru, implementasi, respon siswa

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ari Saptono Pembimbing 2 : Aditya Pratama
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:18
Last Modified: 02 Sep 2025 08:18
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item