PENGARUH PENGGUNAAN CHATBOT AI DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA SMK NEGERI JAKARTA PUSAT

Dharmawan, Adam Zeni (2025) PENGARUH PENGGUNAAN CHATBOT AI DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA SMK NEGERI JAKARTA PUSAT. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
(COVER-KATA PENGANTAR) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (709kB)
[img] Text
(TABLE OF CONTENTS) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
(BAB I) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (307kB)
[img] Text
(BAB II) Adam Zeni Dharmawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
(BAB III) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (430kB)
[img] Text
(BAB IV) Adam Zeni Dharmawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
(BAB V) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (279kB)
[img] Text
(DAFTAR PUSTAKA) Adam Zeni Dharmawan.pdf

Download (375kB)
[img] Text
ARTIKEL_ADAM ZENI DHARMAWAN_UNJ.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan chatbot AI dalam pembelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi pada siswa SMK Negeri Jakarta Pusat. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 213 siswa kelas XI pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) penggunaan chatbot AI secara negative signifikan memengaruhi hasil belajar siswa, (2) motivasi belajar sebagai variabel moderasi memberikan pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, (3) motivasi belajar tidak dapat memoderasi hubungan antara penggunaan chatbot AI dan hasil belajar siswa. Meskipun motivasi belajar memiliki pengaruh langsung terhadap hasil belajar, namun keberadaannya tidak mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh penggunaan chatbot AI terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan implikasi praktis, diantaranya: siswa untuk dapat lebih memanfaatkan fitur interaktif pada chatbot untuk mendukung pembelajaran; guru dapat menggunakannya untuk mendesain pembelajaran yang menarik; orang tua berperan dalam pengawasan juga memberi dukungan belajar di rumah; sekolah perlu menyediakan infrastruktur serta pelatihan teknologi, dan pemerintah diharapkan mendorong pemanfaatan AI dalam pendidikan melalui kebijakan dan fasilitasi yang mendukung. Kata Kunci: Chatbot AI, Motivasi Belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : bu Ati Sumiati, S.Pd., MM Pembimbing 2 : Ibu Dra. Sri Zulaihati, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:29
Last Modified: 03 Sep 2025 02:29
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12736

Actions (login required)

View Item View Item