PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI MEDIASI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 JAKARTA

SAPUTRI, HANIFAH RIA (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI MEDIASI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Pdf Cover.pdf

Download (938kB)
[img] Text
Pdf Table_of_content.pdf

Download (403kB)
[img] Text
Pdf Chapter 1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Pdf Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
Pdf Chapter 3.pdf

Download (596kB)
[img] Text
Pdf Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
Pdf Chapter 5.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Pdf Bibliography.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Pdf Artikel Jurnal.pdf

Download (429kB)

Abstract

HANIFAH RIA SAPUTRI, 1709621043, Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar melalui mediasi Motivasi Belajar siswa di SMK Negeri 3 Jakarta. Penelitian ini mengkaji dan menganalisis mediasi motivasi belajar sebagai mediasi dukungan sosial orang tua dan konsep diri prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran angket dan dokumentasi nilai raport. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas X di SMK Negeri 3 Jakarta tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 215 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Teknik analisis data menggunakan software aplikasi Smart PLS versi 4.0.9 2024. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Dukungan Sosial Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa, (2) Konsep Diri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa, (3) Dukungan Sosial Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa, (4) Konsep Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar, (5) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa, (6) Motivasi belajar tidak memediasi pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Belajar, (7) Motivasi belajar memediasi pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar. Kata kunci: Dukungan Sosial Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dewi Nurmalasari Pembimbing 2 : Achmad Fauzi
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:29
Last Modified: 09 Sep 2025 02:29
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12773

Actions (login required)

View Item View Item