PENGARUH EFEKTIFITAS PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SANTRI PONDOK PESANTREN DAARUSSALAAM DEPOK

KOMARUDIN, YUSUP (2013) PENGARUH EFEKTIFITAS PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SANTRI PONDOK PESANTREN DAARUSSALAAM DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_Of_Content.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
Chapter3.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
Chapter5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yusup Komarudin. Pengaruh antara Efektifitas Pemanfaatan Sarana dan Prasarana pendidikan terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Santri Pondok Pesantren Daarussalaam Depok. Skripsi, Jakarta : Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan pengeruh efektifitas pemanfaatan sarana dan prasaran pendidikan terhadap motivasi belajar ekonomi santri Pondok Pesantren Daarussalaam Depok. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2012 sampai dengan Januari 2013. Metode penelitian yang digunakan metode survey melalui pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah santri Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Daarussalaam Depok yang berjumlah 130 santri. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling berimbang sebanyak 90 sampel. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Efektifitas Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendidikan ) diukur dengan menggunakan skala Likert. Dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil Reliabilitas variabel X sebesar 0,961. Hal ini membuktikan bahwa instrument tersebut valid dan reliabel. Untuk variabel Y (Motivasi Belajar Santri) juga diukur dengan menggunakan skala Likert. Dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil Reliabilitas variabel Y sebesar 0,971. Uji signifakasi dengan thitung sebesar 6,07 dan t tabel sebesar 1,67. Karena t hitung lebih besar dari ttabel, dari penelitian di atas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efektifitas pemanfaatan sarana dan prasarana. Perhitungan koefisien determinasi menghasillkan KD sebesar 0,2951. Hal ini berarti bahwa variasi variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 25,91 % maka dapat disimpulkan motivasi belajar ekonomi ditentukan oleh efektifitas pemanfaatan sarana dan prasarana sebesar 29, 51 % dan sisanya 70,49 % dipengaruhi oleh faktor lainya. Kata kunci : Motivasi belajar, efektifitas pemanfaatan sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing I: Sri Indah Nikensari, SE, M.Si ., Pembimbing II: Dr. Saparuddin, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 05 Jan 2018 19:10
Last Modified: 05 Jan 2018 19:10
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item View Item