ARIFIN, FAUZIAH NUR (2018) PENGARUH EFIKASI DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK N 13 JAKARTA BARAT PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
Cover.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
Table_Of_Content.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Chapter1.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text
Chapter2.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
||
|
Text
Chapter3.pdf Download (962kB) | Preview |
|
Text
Chapter4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Chapter5.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Bibliography.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Fauziah Nur Arifin. Pengaruh Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK N 13 Jakarta Barat Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Univeristas Negeri Jakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa serta mengetahui pengaruh dari efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK N 13 Jakarta pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi hasil belajar siswa dan teknik penyebaran angket atau kuesioner untuk pengumpulan data efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar siswa. Validasi instrumen penelitian menggunakan rumus product moment dan pengujian reliabilitas butir soal menggunakan rumus Kurder Ricardson 20 (K-R.20). Teknik analisis data ini menggunakan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan linieritas. Kemudian dilakukan analisis persamaan regresi berganda. Sedangkan pengujian hipotesis melalui uji T dan Uji F. Selanjutnya, dilakukan pengujian koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis diperoleh bahwa seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan linier. Dari hasil analisis persamaan regresi berganda diketahui bahwa efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar bernilai positif sehingga ketiganya berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Diketahui berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji T diperoleh efikasi diri sebesar 2,458 > sebesar 1,989. Untuk hasil uji T kemandirian belajar diperoleh 14,146 > yaitu 1,989. Sedangkan hasil uji T motivasi diperoleh 1,887 < yairu 1,989. Sehingga dari hasil uji T tersebut diketahui bahwa efikasi diri dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sedangkan motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hasil uji F diperoleh sebesar 188,019 > yaitu 2,72. Sehingga diketahui bahwa efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar dengan persentase keberpengaruhan sebesar 87,3%. Disimpulkan bahwa efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK N 13 Jakarta pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Kata kunci : efikasi diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Ati Sumiati, S.Pd, M.Si ; Pembimbing II: Dra. Sri Zulihati, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Budi Siswanto |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 12:57 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 12:57 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/6084 |
Actions (login required)
View Item |