PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SIKAP BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

WAHYUDI, WAHYUDI (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SIKAP BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-KATA PENGANTAR (2).pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT (8).pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (2).pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
BAB III (2).pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (2).pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY (9).pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL (2).pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Wahyudi, 8105163912, Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Sikap Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Sikap Berwirausaha. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Maret 2020 sampai dengan September 2020. Populasi terjangkau pada penelitian ini memiliki jumlah 130 mahasiswa dengan sampel berjumlah 97 mahasiswa. Teknik pengambilan Sampel tersebut mengacu pada tabel Isaac dan Michael dengan menggunakan proportional random sampling dan menggunakan skala likert. Pendidikan Kewirausahaan (X), Sikap Berwirausaha (Z) dan Intensi Berwirausaha (Y) merupakan data primer yang berbentuk dalam kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu, analisa outer model, inner model, dan pengujian hipotesis. Pada analisa outer model terdiri dari Convergent Validity, Discriminant Validity, Composite Reliability, dan Cronbach Alpha. Hasil uji Convergent Validity seluruh indikator pada setiap construct pendidikan kewirausahaan (X), sikap berwirausaha (Z), dan intensi berwirausaha (Y) memiliki nilai > 0,7. Hasil uji Discriminant Validity setiap construct pendidikan kewirausahaan (X), sikap berwirausaha (Z), dan intensi berwirausaha (Y) mempunyai nilai loading yang lebih tinggi dari nilai loading construct lainnya. Hasil uji Composite Reliability pendidikan kewirausahaan (X) sebesar 0,937 > 0,7, sikap berwirausaha (Z) sebesar 0,921 > 0,7 dan intensi berwirausaha (Y) mempunyai nilai sebesar 0,935 > 0,7. Hasil uji Cronbach Alpha pendidikan kewirausahaan (X) sebesar 0,924 > 0,7, sikap berwirausaha (Z) sebesar 0,902 > 0,7 dan intensi berwirausaha (Y) memiliki nilai sebesar 0,921 > 0,7. Pada analisa inner model terdiri dari R-Square (R2), F-Square (F2), dan Variance Inflation Factor (VIF). Hasil uji R-Square (R2) pada model jalur I = 0,750, artinya kemampuan konstruk variabel pendidikan kewirausahaan (X) dalam menjelaskan sikap berwirausaha (Z) adalah sebesar 0,750 atau 75% (kuat). R-Square (R2) model jalur II = 0,930, artinya kemampuan konstruk variabel pendidikan kewirausahaaniv dan sikap berwirausaha dalam menjelaskan intensi berwirausaha adalah sebesar 0,930 atau 93% (kuat). Hasil uji F-Square (F2) konstruk variabel pendidikan kewirausahaan dengan konstruk sikap berwirausaha sebesar 3,006, konstruk variabel sikap berwirausaha dengan konstruk variabel intensi berwirausaha sebesar 0,283, konstruk variabel pendidikan kewirausahaan dengan konstruk variabel intensi berwirausaha sebesar 1,785. Hasil uji Variance Inflation Factor (VIF) semua indikator dari variabel pendidikan kewirausahaan (X) sebagai variabel bebas (independent), sikap berwirausaha (Z) sebagai variabel (mediasi) dan intensi berwirausaha (Y) sebagai variabel terikat (dependent) memiliki nilai VIF < 5,0. Selanjutnya uji hipotesis melalui pengukuran pengaruh langsung (direct effect) dan pengaruh tidak langsung (indirect effect). Hasil uji direct effect pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha secara langsung dilihat dari nilai original sample sebesar 0,709 dan TStatistics > 1,96 yaitu 12,766. Kemudian, berdasarkan nilai P-Values yaitu 0,000 < 0,05. sikap berwirausaha berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha secara langsung dilihat dari original sample sebesar 0,282 dan TStatistics > 1,96 yaitu 4,829. Kemudian, berdasarkan nilai P-Values yaitu 0,000 < 0,05. pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap sikap berwirausaha secara langsung dilihat dari original sample sebesar 0,866 dan TStatistics > 1,96 yaitu 34,557. Kemudian, berdasarkan nilai P-Values yaitu 0,000 < 0,05. Dan hasil uji indirect effect pendidikan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha dengan sikap berwirausaha sebagai mediasi diantara keduanya. Nilai original sample dari pengaruh ketiga variabel ini sebesar 0,245 dan TStatistics sebesar 4,655 > 1,96. Kemudian, berdasarkan nilai P-Values 0,000 < 0,05. Hasil uji sobel test didapatkan nilai Z sebesar 12,817, karena nilai Z yang diperoleh > 1,96 dengan tingkat signifiknsi 5%. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha dengan sikap berwirausaha sebagai mediasi Kata Kunci : Intensi Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Sikap Berwirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Henry Eryanto, M.M Pembimbing 2 : Marsofiyati, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:16
Last Modified: 06 Sep 2021 04:16
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/9966

Actions (login required)

View Item View Item