PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI MAGISTER

AYU LESTARI, HASINA (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI MAGISTER. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - KP.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0. BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
0. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
0. BAB III.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
0. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img]
Preview
Text
0. BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL_Hasina Ayu Lestari_8105161275.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Hasina Ayu Lestari, 8105161275. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadapa Minat Melanjutkan Studi Magister. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini membutuhkan waktu tujuh bulan terhitung dari bulan Maret sampai dengan Oktober 2020. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 261 mahasiswa dengan mengambil sampel sejumlah 149 mahasiswa. Pengambilan sampel mengaju pada tabel Isacc dan Michel dengan teknik pemilihan responden menggunakan propotional random sampling. Pengambilan data menggunakan metode kuesioner dengan range skala likert. Variabel Motivasi Belajar (X1), Lingkungan Teman Sebaya (X2), dan Minat Melanjutkan Studi Magister (Y) merupakan data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Melanjutkan Studi sebesar 0,135. Hasil uji linearitas nilai Deviation of Linearity Motivasi Belajar 0,408 dan Lingkungan Teman Sebaya 0,429. Kedua uji asumsi klasik terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji multikolinearitas dengan nilai Tolarance 0,999 > 0,1 dan nilai VIF 1, 001 < 10. Hasil uji heteroskedastisitas untuk Motivasi Belajar sebesar 0,580 dan Lingkungan Teman Sebaya sebesar 0,275. Ketiga uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Y = 2,215 + 0,790 + 0,697. Keempat uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Hasil uji F yaitu 1251,733 > F-tabel 3,06. Hal ini berarti terdapat pengaruh antara Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Melanjutkan Studi. Hasil uji t Motivasi Belajar 46,672 dan Lingkungan Teman Sebaya 16,724. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi dan terdapat pengaruh positif antara Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi. Kelima analisis koefisien determinasi (R2) dengan hasil sebesar 0,944 yang bermakna 94,4% variabilitas variabel Minat Melanjutkan Studi dapat dijelaskan oleh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya. Kata Kunci: Minat Melanjutkan Studi, Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Syarifudin Tippe, S.IP, M.Si Pembimbing 2 :Munawaroh, S.E, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:37
Last Modified: 06 Sep 2021 04:37
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item