DETERMINAN MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

HAKIKI, IBNU (2022) DETERMINAN MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER - KATA PENGANTAR (19).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE OF CONTENT (33).pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1 (26).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
4. BAB 2 (26).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
5. BAB 3 (26).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
6. BAB 4 (27).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB 5 (25).pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA (20).pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. IBNU HAKIKI JOURNAL MALAB.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Ibnu Hakiki, 2021; Determinan Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Keuangan, Program Studi SI Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, utang, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdafitar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017- 2019. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Assets (ROA), utang yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln{total aset), dan pertumbuhan penjualan. Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen laba yang diproksikan dengan nilai Discreationary Accrual (DAC). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2017-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan pendekatan fixed effect model. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Dengan demikian teori Agensi (Agency Theory), teori stewardship (stewardship theory), dan teori Akuntansi Positif (Positive Accounting Theory) diterima. Kata kunci: Manajemen Laba, Profitabilitas, Utang, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Suherman, S.E., M.Si., Pembimbing 2 : Sholatia Dalimunthe, S.E., M.B.A.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:42
Last Modified: 26 Apr 2022 05:42
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item