ANALISIS MODEL LEARNING CYCLE 7E DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK PERSADA HUSADA INDONESIA KOTA BEKASI

ANGGITA, ALMA SIWI (2022) ANALISIS MODEL LEARNING CYCLE 7E DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK PERSADA HUSADA INDONESIA KOTA BEKASI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR (6).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE_OF_CONTENT (26).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I (61).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
4. BAB II (59).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III (55).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV (59).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V (50).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BIBLIOGRAPHY (52).pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. JURNAL (19).pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

ALMA SIWI ANGGITA, 1701617016, Analisis Model Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Persada Husada Indonesia Kota Bekasi. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis para siswa menggunakan model Learning Cycle 7E serta Problem Based Learning. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara model Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta desain penelitian memakai Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan ialah teknik Cluster Random Sampling. Sampel terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 35 siswa menggunakan model Learning Cycle 7E serta kelas kontrol sebanyak 35 siswa menggunakan Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan di penelitian ini merupakan tes, kuesioner, serta dokumentasi. Teknik pengujian yang digunakan di penelitian ini yaitu uji persyaratan analisis data (uji normalitas, uji homogenitas), serta uji hipotesis (uji Independent Sample T-Test). Hasil dari penelitian ini menunjukkan model Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa jurusan akuntansi di SMK Persada Husada Indonesia Kota Bekasi. Terdapat perbedaan signifikansi antara model Learning Cycle 7E dan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMK Persada Husada Indonesia Kota Bekasi. Terdapat hasil yang lebih baik diperoleh model Learning Cycle 7E dibandingkan menggunakan model Problem Based Learning dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada hasil posttest Learning Cycle 7E lebih tinggi dibandingkan dengan Problem Based Learning. Dan hasil penelitian, untuk aspek menganalisis dan menyimpulkan kedua model pembelajaran tersebut tepat digunakan karena responden di kelas eksperimen serta kontrol tidak ditemukan kesalahan di waktu posttest. Kata Kunci: Model Learning Cycle 7E, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1: Ibu Ati Sumiati, S.Pd., M.M., Pembimbing 2: Ibu Dra. Sri Zulaihati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:16
Last Modified: 05 Oct 2022 04:16
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10557

Actions (login required)

View Item View Item