PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI J

LARASATI, DINDA PUTRI (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI J. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - Tabel of Content - Lembar - Kata Pengantar.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Dinda Putri Larasati, 1709618020, Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga (X1) dan Efikasi Diri (X2) terhadap Minat Menjadi Guru (Y) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 2018. Penelitian ini dilakukan selama delapan bulan terhitung mulai bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah 310 mahasiswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, maka diketahui jumlah sampel penelitian ini sebanyak 175 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) Uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan nilai signifikansi variabel lingkungan keluarga sebesar 0,52; nilai signifikansi variabel efikasi diri sebesar 0,61; dan nilai signifikansi variabel minat menjadi guru sebesar 0,200. Hasil uji linearitas nilai Deviation from Linearity variabel lingkungan keluarga sebesar 0,113 dan variabel efikasi diri sebesar 0,164; (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance sebesar 0,778 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,285 < 10. Hasil uji heterokedastisitas untuk variabel lingkungan keluarga sebesar 0,853 > 0,05 dan variabel efikasi diri sebesar 0,963 > 0,05; (3) Uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Y = 2,873 + 0,584 X1 + 0,498 X2; (4) Uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Hasil uji F pada tabel ANOVA yaitu F hitung sebesar sebesar 63,187 > F tabel 3,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama antara Lingkungan Keluarga (X1) dan Efikasi Diri (X2) terhadap Minat Menjadi Guru (Y). Hasil uji t variabel lingkungan keluarga sebesar 6,365 > t tabel 1,973 dan variabel efikasi diri sebesar 5,177 > t tabel 1,973. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara Lingkungan Keluarga (X1) terhadap Minat Menjadi Guru (Y) dan pengaruh positif antara Efikasi Diri (X2) terhadap Minat Menjadi Guru (Y). (5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,584 yang berarti 58,4% variabel minat menjadi guru dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan keluarga dan efikasi diri, sedangkan sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Rr. Ponco Dewi Karyaningsih, M.M Pembimbing 2 : Marsofiyati, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:10
Last Modified: 10 Oct 2022 02:10
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item