ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA PT TOTAL ENVIRO SOLUSINDO DI MASA PANDEMI COVID

KAUTSAR, SULUNG (2022) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA PT TOTAL ENVIRO SOLUSINDO DI MASA PANDEMI COVID. D3 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER, ABSTRAK, K.PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
BAB-4.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Adanya pandemi covid-19 membawa dampak bagi perusahaan, dimana banyak perusahaan yang mengalami pailit/gulung tikar, pegawai dirumahkan (PHK), atau WFH karena menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah. PT Total Enviro Solusindo adalah merupakan salah satu Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah terverifikasi oleh LSP melalui asesmen kesesuaian dengan pedoman BNSP dan persyaratan teknis dari LSP. Tempat Uji Kompetensi memiliki fungsi sebagai tempat penyelenggaraan assesment/uji kompetensi, dan melakukan pemeliharaan serta evaluasi penerapan standar kompetensi dalam uji kompetensi. Perusahaan yang terletak di kabupaten Bekasi. Perusahaan ini dalam keadaan covid tetap berjalan seperti biasa tanpa ada work for home (WFH) ataupun work ftom office (WFO) namun dalam menjalankan pekerjaannya diberlakukan prokes yang sangat ketat agar kegiatan pekerjaan dapat berlangsung dengan baik serta pekerja dalam keadaan sehat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis Laporan Keuangan untuk mengukur kinerja keuangan pada masa pandemic dan menginterpretasi hasil analisis tersebut apakah terdapat pengaruhi pada kinerja keuangan meningkat atau menurun. Penelitian ini terdapat 2 hasil penelitian yang dimana analisis laporan ekuangan dan analisis kinerja keuangan pada analisis laporan keuangan terdapat 4 tahap yang dilakukan dalam penelitian kasus ini, yaitu: Teknik Analisis Pertumbuhan, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas dan Rasio Leverage. Hasil analisis diperoleh: 1. Teknik Analisis Pertumbuhan pada Perusahaan Total Enviro Solusindo mengalami kenaikan hasil penjualan, peningkatan sebesar 170%. Berarti dalam masa pandemi PT Total Enviro Solusindo justru mengalami peningkatan. 2. Analisis likuiditas, Pada tahun 2020 likuiditasnya sebesar 158% dan dalam tahun 2021 mengalami kenaikan secara signifikan sebesar 248% dari tahun lalu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Rasio likuiditas pada tahun 2021 sangat baik bandingkan dengan tahun 2020. 3. Analisis Rasio Profitabilitas pada persentasi terjadi kenaikan sebesar 1% Pada tahun 2020 profitabilitas PT Total Enviro Sulosindo sebesar 6% dan pada tahun 2021 naik sebesar 7% artinya terjadi kenaikan sebesar 1% dari tahun sebelumnya. Dengan demikian kenaikan tingkat laba dan efisiensi perusahaan meningkat namun tidak terlalu signifikan. 4. Analisis Rasio Leverage mengalami kenaikkan pada tahun 2020 sebesar 12%, pada tahun 2021 nail menjadi 40% dengan demikian kenaikkan rasio leveragenya sebesar 28% artinya perusahaan memiliki hutang yang banyak ataupun besar sehingga berisiko. Sedangkan pada hasil analisis kinerja yang terbukti bahwa PT Total Enviro Solusindo memiliki kinerja yang bagus walaupun terdapat hutang yang besar tetapi hutang itu bisa dibayarkan oleh perusahaan. Kata kunci: Laporan Keuangan, Kinerja Keuangan, Dampak Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (D3)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mardi
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:08
Last Modified: 10 Oct 2022 03:08
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10719

Actions (login required)

View Item View Item