PENGARUH SUMBER BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI JAKARTA SELATAN

ASHARY, LIA AYU (2023) PENGARUH SUMBER BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-LIA AYU ASHARY1.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABELIS_LIA AYU ASHARY.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER 1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img]
Preview
Text
CHAPTER 3.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
CHAPTER 5.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (BIBLIOGRAFI).pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL FULL_LIA AYU ASHARY.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh sumber belajar, intensitas belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri di Jakarta Selatan. Pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan penedekatan deskriptif kuantitatif. Metode survey adalah suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan data secara fakta dari tempat langsung penelitian secara ilmiah bukan buatan, dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara penyembaran kuisioner, wawancara serta observasi secara langsung tanpa eksperimen. Pendekatan deskriptif kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data berupa angka sebagai bentuk subjek penelitian yang akan diteliti atau sebagai alat untuk menganalisis pengetahuan yang akan dicari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri Jakarta Selatan yakni SMAN 38 Jakarta, SMAN 49 Jakarta dan SMAN 109 Jakarta. Instrument penelitian berupa lembar angket variabel sumber belajar, lembar angket variabel intensitas belajar dan lembar angket kedisiplinan sedangkan variabel hasil belajar menggunakan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan hasil persamaan adalah Y = 24,551 + 0,085X1 + 0,789X2 + 0,200X3. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 93,3%. Nilai F sebesar 389,567 > 2,713 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya bahwa variabel sumber belajar, intensitas belajar dan kedisiplinan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Sumber Belajar; Intensitas Belajar; Kedisiplinan; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE., M. Si Pembimbing 2 : Ibu Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M. SE
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:12
Last Modified: 27 Mar 2023 03:12
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11121

Actions (login required)

View Item View Item