ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH BERDASARKAN PSAK NO. 102 PADA BMT BINA UMAT SEJAHTERA (Studi Kasus Pada BMT Bina Umat Sejahtera cab Pondok Gede)

SATRIA, GALUH GILANG (2023) ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH BERDASARKAN PSAK NO. 102 PADA BMT BINA UMAT SEJAHTERA (Studi Kasus Pada BMT Bina Umat Sejahtera cab Pondok Gede). D3 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Galuh Gilang Satria - Karya Ilmiah - cover.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Galuh Gilang Satria - Karya Ilmiah - Daftar Isi.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Galuh Gilang Satria - Karya Ilmiah - BAB 1.pdf

Download (601kB)
[img] Text
Galuh Gilang Satria - Karya Ilmiah - BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Galuh Gilang Satria - Karya Ilmiah - BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
Galuh Gilang Satria - Karya Ilmiah - BAB 4.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Galuh Gilang Satria - Karya Ilmiah - DAFPUS.pdf

Download (233kB)

Abstract

Galuh Gilang Satria, 202, 1704518006, Analisis Perlakuan Akuntansi Terhadap Pembiayaan Murabahah Berdasarkan PSAK No. 102 Pada BMT Bina Umat Sejahtera. Program Studi D3 Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri, Jakarta. Penelitian ini dilangsungkan di BMT Bina Umat Sejahtera demi memahami bagaimana perlakuan Akuntansi Murabahah perihal pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan berdasarkan pada PSAK No. 102 Apakah telah sesuai atau belum perlakuan akuntansi tersebut dengan standar yang berlaku, lantaran Murabahah memerlukan perlakuan akuntansi yang tepat serasi dengan hukum perekonomian syariah, yaitu PSAK No. 102. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dilaksanakan dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, juga teknis yang dipakai adalah analisis data, yakni dengan mengidentifikasi, menganalisis, lantas dibandingkan dengan pedoman PSAK No. 102 (tentang Akuntansi Murabahah) Hasil dari penelitian ini didapati bahwa perlakuan akuntansi murabahah pada BMT Bina Umat Sejahtera perihal pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan diimplementasikan sesuai namun pada aspek pengakuan dan penyajian belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 102. Saran yang disampaikan kepada BMT Bina Umat Sejahtera adalah dalam melaksanakan perlakuan akuntansi yang mengenai pengakauan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan layak serasi dengan standar yang berlaku, yaitu pedoman PSAK No. 102. Kata Kunci : Perlakuan Akuntansi, Murabahah, PSAK No. 102

Item Type: Thesis (D3)
Additional Information: Pembimbing : Adam Zakaria, M.Ak. Ph.D
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:16
Last Modified: 16 Oct 2023 08:19
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item View Item