ANALISIS PENGARUH UPAH RIIL, INVESTASI DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA

NIHAYATI, ILA (2023) ANALISIS PENGARUH UPAH RIIL, INVESTASI DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (926kB)
[img] Text
Table of Content.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bibliography.pdf

Download (564kB)

Abstract

Ila Nihayati. Analisi PengaruhUpah Riil, Nilai Investasi, dan Tingkat Pendidkan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 2023. Pengangguran adalah salah satu masalah yang belum terpecahkan dari tahun ke tahun di berbagai negara di dunia termasuk juga Indonesia Permasalahan ini tidak bisa dibiarkan, karena jika angka pengangguran tinggi maka akan mengakibatkan meningkatnya kriminalitas, kemiskinan dan fenomena ekonomi sosial lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh upah riil, investasi dan tingkat pendidikan terhadap penyerapan tenaga kerja di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresesi data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dari tahun 2017-2022. Penyerapan tenaga kerja di pengaruhi oleh beberapa faktor, namun dalam penelitian ini digunakan tiga variabel dependen yaitu upah riil, investasi dan tingkat pendidikan. Dari hasil analisil uji statistik menggunakan eviews menunjukkan bahwa upah riil berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan tingkat pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Kata kunci : upah, investasi, tingkat pendidikan dan penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, M.Si, Pembimbing 2 : Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan M. Si,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:34
Last Modified: 09 Jan 2024 02:34
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11447

Actions (login required)

View Item View Item