PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR EKONOMI DAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN UMKM DI KOTA BEKASI

SIWI, GALIH RAKA (2023) PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR EKONOMI DAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN UMKM DI KOTA BEKASI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar_Galih Raka Siwi.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Daftar Isi_Galih Raka siwi.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I_Galih Raka Siwi.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB II_Galih Raka Siwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III_Galih Raka Siwi.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV_Galih Raka Siwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB V_Galih Raka Siwi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Galih Raka Siwi.pdf

Download (132kB)

Abstract

GALIH RAKA SIWI. Pengaruh pengalaman belajar ekonomi dan keterampilan kewirausahaan terhadap keberhasilan UMKM di kota bekasi: Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta 2023 Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pengalaman belajar ekonomi dan keterampilan kewirausahaan terhadap keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih responden yang sesuai dengan kriteria penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert yang digunakan untuk mengukur tingkat pengalaman belajar ekonomi, keterampilan kewirausahaan, dan keberhasilan UMKM. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak aplikasi SPSS dan AMOS versi terbaru. Analisis regresi linier digunakan untuk menguji hubungan antara pengalaman belajar ekonomi dan keberhasilan UMKM serta hubungan antara keterampilan kewirausahaan dan keberhasilan UMKM. Selain itu, analisis jalur (path analysis) juga dilakukan untuk menguji pengaruh tidak langsung pengalaman belajar ekonomi terhadap keberhasilan UMKM melalui keterampilan kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar ekonomi memberikan pengaruh positif sebesar 40% terhadap keberhasilan UMKM dan pengaruh positif sebesar 91% terhadap keterampilan kewirausahaan. Selain itu, keterampilan kewirausahaan memberikan pengaruh positif sebesar 56% terhadap keberhasilan UMKM. Temuan lain menunjukkan bahwa pengalaman belajar ekonomi memberikan pengaruh tidak langsung terhadap keberhasilan UMKM sebesar 91% melalui keterampilan kewirausahaan. Kata Kunci: Pengalaman Belajar Ekonomi, Keterampilan Kewirausahaan, Keberhasilan Usaha

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Suparno, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:39
Last Modified: 23 Jan 2024 03:39
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item