PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Larasati, Adinda Rizki (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

ADINDA RIZKI LARASATI. Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Locus of Control terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta 2023. Riset ini mengkaji Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Locus of Control terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Lewat pendekatan kuantitatif dengan metode survey kepada 219 mahasiswa S1 dan D4 Fakultas Ekonomi Angkatan 2019 memakai teknik proportional random sampling. Data diolah dengan SPSS versi 25 melalui analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji normalitas, uji linearitas, uji T, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Hasil uji uji F memperlihatkan adanya pengaruh secara bersama-sama antara Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Locus of Control terhadap Perilaku Keuangan. Hasil uji T menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan, terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial Sikap Keuangan terhadap Perilaku Keuangan serta terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial Locus of Control terhadap Perilaku Keuangan. Implikasi pada riset ini terlihat dari variabel perilaku keuangan dengan indikator terendah berinvestasi, literasi keuangan dengan indikator terendah pengetahuan asuransi, serta sikap keuangan dengan indikator terendah keamanan uang, yang mana ketiganya disebabkan belum mandirinya finansial mahasiswa karena masih bergantung pada pendapatan orang tua. Adapun, variabel locus of control memiliki indikator terendah pada lebih dipengaruhi oleh lingkungan yang mana hal ini disebabkan lebih dominannya locus of control internal yang ada dalam diri mahasiswa dalam menentukan perilaku keuangan. Kajian ini merekomendasikan agar perilaku keuangan dapat diteliti dengan menggunakan ketiga variabel yang lebih dominan mempengaruhi perilaku keuangan seperti gaya hidup, financial technology, pendapatan orang tua, dan sebagainya. Kata kunci: perilaku keuangan; literasi keuangan; sikap keuangan; locus of control.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sri Zulaihati, M.Si Pembimbing 2 : Dwi Kismayanti Respati, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:11
Last Modified: 08 Mar 2024 03:11
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11558

Actions (login required)

View Item View Item