PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA GENERASI Z DENGAN SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 79 Jakarta)

Qinanty, Arum (2024) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA GENERASI Z DENGAN SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 79 Jakarta). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
01.Cover.pdf

Download (730kB)
[img] Text
02.Tabel of Content.pdf

Download (589kB)
[img] Text
03.BAB l.pdf

Download (189kB)
[img] Text
04.BAB ll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
05.BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
06.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
07.BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
08.Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB)
[img] Text
10.Jurnal.pdf

Download (348kB)

Abstract

ARUM QINANTY, 1701619024, Pengaruh Dukungan Sosial Dan Teknologi Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Pada Generasi Z Dengan Self- Efficacy Sabagai Variabel Intervening (Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Negeri 79 Jakarta). Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan teknologi pembelajaran ekonomi terhadap motivasi belajar pada generasi Z dengan self-efficacy sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatuf dengan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 246 dengan sambel sebanyak 152 dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara dukungan sosial dengan self-efficacy (r = 0.242, p-value = 0.020), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teknologi pembelajaran ekonomi dengan self-efficacy (r = 0.514, p-value = 0.000), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan sosial dan motivasi belajar dengan self-efficacy sebagai variabel intervening (r = 0.119, p-value = 0.026), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teknologi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar dengan self-efficacy sebagai variabel intervening (r = 0.253, p-value = 0.000), terdapat pengaruh namun tidak signifikan dukungan sosial dengan motivasi belajar (r = 0.054, p-value = 0.544) dan terdapat pengaruh positif dan signifikan teknologi pembelajaran ekonomi dengan motivasi belajar (r = 0.276, p-value = 0.003). Kata Kunci: dukungan sosial, teknologi pembelajaran ekonomi, motivasi belajar, self-Efficacy

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:44
Last Modified: 14 Mar 2024 03:44
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item View Item