Pengembangan Video Microlearning Berbasis Technological, Pedagogical And Content Knowledge untuk Meningkatkan Kompetensi Abad 21

Aladawiya, Rabia (2024) Pengembangan Video Microlearning Berbasis Technological, Pedagogical And Content Knowledge untuk Meningkatkan Kompetensi Abad 21. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

RABIA ALADAWIYA. 1707619016. Pengembangan Video Microlearning Berbasis Technological, Pedagogical And Content Knowledge Untuk Meningkatkan Kompetensi Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video microlearning berbasis TPACK untuk meningkatkan kompetensi abad 21. Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitan ini adalah research and development dengan model 4D oleh Thiagarajan. Adapun tahapan yang dilakukan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek pengembangan ini adalah peserta didik kelas X Pemasaran SMKN 12 Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji kelayakan ahli media dan materi, uji respon guru dan peserta didik serta soal pre-test dan post-test Hasilnya menunjukkan kelayakan media mencapai 95% dan materi mencapai 92%. Berdasarkan penilaian ini, video microlearning dianggap layak digunakan sebagai media pembelajaran. Selanjutnya, dilakukan uji coba dengan guru dan peserta didik, mendapatkan respon positif masing-masing sebesar 94% dan 95%. Hasil efektivitas menggunakan paired samples t test menunjukkan korelasi positif dan signifikansi (2- tailed) 0 < 0,05 menunjukkan perbedaan Pre-Test dan Post-Test. Kemudian, hasil independent samples t test menunjukkan thitung sebesar 3,845 > ttabel 1,663. Hal ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen (ratarata nilai 84,72) yang menggunakan video microlearning dan kelas kontrol (rata-rata nilai 76,25) dengan selisih 8,47. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan video microlearning secara signifikan meningkatkan kompetensi abad 21 peserta didik lebih tinggi dibandingkan penggunaan media pembelajaran konvensional seperti metode ceramah satu arah dari guru, presentasi, meringkas materi dan sebagainya . Kata Kunci: Research and Development, Kompetensi Abad 21, Microlearning, Video, Technological, Pendagogical and Content Knowledge

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Suparno, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing 2 : Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:32
Last Modified: 27 Mar 2024 05:32
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11616

Actions (login required)

View Item View Item