PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI SEKTOR PERBANKAN PADA PT. PEFINDO

SARASWATI, DEVI THANIA MUTIA (2023) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI SEKTOR PERBANKAN PADA PT. PEFINDO. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
PDF Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PDF Daftar Isi.pdf

Download (253kB)
[img] Text
PDF BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
PDF BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
PDF BAB 3.pdf

Download (346kB)
[img] Text
PDF BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
PDF BAB 5.pdf

Download (264kB)
[img] Text
PDF DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

DEVI THANIA MUTIA SARASWATI, PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI SEKTOR PERBANKAN PADA PT. PEFINDO. Kegiatan usaha dalam sebuah perusahaan, antara operasional maupun ekspansi usaha perusahaan sangat dibutuhkannya dana yang berasal dari sumber dana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Bentuk instrumen yang termasuk sebagai pasar modal utang, yaitu obligasi. Dalam berinvestasi, obligasi merupakan cara alternatif berinvestasi untuk memperoleh keuntungan dibandingakan dengan berbagai jenis investasi lainnya. Karenanya biaya yang akan dibayarkan oleh penerbit obligasi ke investor dengan proporsi lebih kecil, jika dibandingkan dengan bunga pinjaman perusahaan terhadap pihak bank. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu, untuk dapat memperoleh informasi tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap peringkat obligasi. Populasi yang akan diteliti ialah perusahaan yang bergerak di sektor perbankan dan sudah terdaftar di PT. Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) Tahun 2019 – 2020. Sejumlah 32 sampel ditentukan melalui metode Purposive Sampling dan menganalisis data melalui metode analisis deskriptif menggunakan SPSS versi 26. Penelitian yang telah diteliti memberitahukan bahwa profitabilitas diproksikan oleh ROA tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Likuiditas diproksikan oleh CR memiliki pengaruh negatif terhadap peringkat obligasi. Leverage diproksikan oleh DER tidakii mempunyai pengaruh terhadap peringkat obligasi. Ukuran Perusahaan diproksikan oleh Ln berpengaruh negatif terhadap peringkat obligasi. Kata Kunci: Peringkat Obligasi, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Etty Gurendrawati, M.Si., Ak Pembimbing 2 : Santi Susanti S.Pd., M.Ak
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 22 May 2024 02:49
Last Modified: 22 May 2024 02:49
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11666

Actions (login required)

View Item View Item