PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, PENGGUNAAN FASILITAS KREDIT DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM JAKPRENEUR KECAMATAN SENEN

LUTHFIAH, LULU (2024) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, PENGGUNAAN FASILITAS KREDIT DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM JAKPRENEUR KECAMATAN SENEN. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover - Kata Pengantar (Lulu Luthfiah).pdf

Download (760kB)
[img] Text
Daftar Isi_Lulu Luthfiah.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Bab 1_Lulu Luthfiah.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Bab 2_Lulu Luthfiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
Bab 3_Lulu Luthfiah.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Bab 4_Lulu Luthfiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
Bab 5_Lulu Luthfiah.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Lulu Luthfiah.pdf

Download (360kB)

Abstract

Sinergitas berbagai komponen, baik lembaga pemerintah maupun non pemerintah, pembuat kebijakan, lembaga keuangan, pelaku UMKM, dan pihak lainnya diperlukan untuk mengupayakan pengembangan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh langsung orientasi kewirausahaan, penggunaan fasilitas kredit dan digital marketing terhadap pengembangan UMKM Jakpreneur Kecamatan Senen. Selain itu, peran penggunaan fasilitas kredit dan digital marketing dalam memediasi pengaruh tidak langsung orientasi kewirausahaan terhadap pengembangan UMKM. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 275 pelaku UMKM Jakpreneur Kecamatan Senen sektor makanan dan minuman. Data dianalisis dengan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi kewirausahaan, penggunaan fasilitas kredit dan digital marketing terhadap pengembangan UMKM Jakpreneur Kecamatan Senen secara langsung. Terdapat pula pengaruh positif dan signifikan orientasi kewirausahaan terhadap penggunaan fasilitas kredit dan digital marketing secara langsung, serta pengaruh tidak langsung orientasi kewirausahaan terhadap pengembangan UMKM melalui penggunaan fasilitas kredit dan digital marketing. Kata Kunci: orientasi kewirausahaan, fasilitas kredit, digital marketing, pengembangan UMKM

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Suparno, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:47
Last Modified: 13 Jun 2024 06:47
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item