PENGARUH SUBSIDI ENERGI FOSIL, PENDAPATAN NASIONAL, EMISI KARBON DIOKSIDA TERHADAP KONSUMSI ENERGI TERBARUKAN DI WILAYAH ASIA DAN EROPA

Khairunnisa, Salsabila Atpur (2024) PENGARUH SUBSIDI ENERGI FOSIL, PENDAPATAN NASIONAL, EMISI KARBON DIOKSIDA TERHADAP KONSUMSI ENERGI TERBARUKAN DI WILAYAH ASIA DAN EROPA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1.Pdf Cover._Salsabila Atpur Khairunnisa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Pdf Table_of_content_Salsabila Atpur Khairunnisa .pdf

Download (240kB)
[img] Text
Bab 1_Salsabila Atpur Khairunnisa.pdf

Download (680kB)
[img] Text
Bab 2_Salsabila Atpur Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
Bab 3_Salsabila Atpur Khairunnisa.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Bab 4_Salsabila Atpur Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
Bab 5_Salsabila Atpur Khaurunnisa.pdf

Download (237kB)
[img] Text
6. Blibliografi.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Skripsi Full Fix_Salsabila Atpur Khairunnisa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Eksploitasi sumber daya alam menghasilkan berbagai sumber energi yang disebut energi primer. Sumber energi ini perlu melalui konservasi lebih lanjut untuk menghasilkan produk akhir yang akan digunakan dalam aplikasi sehari-hari sebagai konsumsi energi akhir. Namun dalam praktiknya, pemanfaatan sumber daya energi lebih terfokus pada energi yang merupakan sumber daya tidak terbarukan, sedangkan energi terbarukan relatif belum banyak dimanfaatkan. Proyeksi Badan Energi Internasional-IEA hingga tahun 2030 permintaan energi dunia akan meningkat sebesar 45% atau rata-rata meningkat sebesar 1,6% per tahun. Sebagian besar atau hampir 80% kebutuhan energi dunia dipasok dari bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil bertanggung jawab atas masalah lingkungan seperti pemanasan global, polusi udara, dan emisi karbon dioksida yang terus meningkat. Hal ini menyebabkan masalah kesehatan, mempengaruhi kualitas hidup penduduk, dan perubahan iklim global. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang muncul dan ketergantungan pada energi asing telah memunculkan penelitian baru dibandingkan sumber energi yang sudah ada. Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan sumber energi baru. Faktor-faktor tersebut meliputi subsidi energi fosil, pendapatan nasional masing-masing negara, dan penggunaan emisi karbon dioksida. Penelitian ini membahas konsumsi energi terbarukan dan faktor-faktor penentu penggunaan energi tersebut dalam konteks teoritis. Oleh karena itu, uji empiris yang diperlukan diterapkan di negara-negara Asia dan Eropa. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu data sekunder yang diambil dari data energi Our Word in Data dan Word Bank. Penelitian ini menggunakan Regresi Panel Data yang merupakan gabungan antara data crosssection dan time series, dimana satuan cross-section yang sama diukur pada waktu yang berbeda. Namun panel ini mencakup periode antara tahun 2015-2020 di Asia dan Eropa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, Metode Seleksi panel data regresi, uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Kata Kunci: Konsumsi Energi terbarukan, subsidi energi fosil, pendapatan nasional, Emisi CO2 Asia dan Eropa.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE, M.SE Pembimbing 2 : bu Siti Fatimah Zahra S.E.I., M.E.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:56
Last Modified: 20 Jun 2024 06:56
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item View Item